Photobucket
Protected by Copyscape Plagiarism Detector

Jumat, 05 November 2010

Tips Agar Usaha Warnet Lancar Jaya

Tugas Softskill Pengantar Bisnis Informatika :(Pertama)

Warung Internet atau bahasa gaulnya Warnet perkembangannya akhir - akhir ini sudah semakin menjamur, alias ada di mana - mana. Hal ini terjadi karena semakin bertambahnya kebutuhan masyarakat di bidang Informasi. Pada era ini kebutuhan internet bagi setiap orang sudah di ibaratkan bagai sayur tanpa garam. Artinya jika dalam satu hari tidak mengakses internet, bagaikan ada yang kurang dalam kehidupannya. Hal ini menyebabkan setiap warnet berlomba - lomba mendapatkan pelanggan dengan cara melakukan inovasi-inovasi baru.

Ada warnet yang dikhususkan hanya untuk game online, sehingga target pelanggan yang dituju yaitu para pecandu game online. Tentunya harus diselaraskan dengan kemampuan komputer dan juga akses internet yang cepat. Karena game online membutuhkan spesifikasi komputer yang bagus dalam penampilan grafisnya dan akses internet yang cepat, dikarenakan game dimainkan secara online. Jika tidak memakai koneksi yang cepat, maka permainan akan berjalan tersendat-sendat atau bahasa IT nya nge-lack. Ada juga warnet yang menggabungkan jasa internetnya yaitu warnet untuk browsing dan game online. Setiap penyedia jasa warnet semakin meningkatkan kualitasnya dengan menambah kecepatan koneksinya untuk merebut hati para pelanggan.

Mungkin warnet tipe-tipe diatas sudah banyak di indonesia, khususnya di Jakarta. Penulis memiliki ide yang berbeda dari warnet-warnet diatas. Warnet ini dinamakan warnet kepepet. Apakah itu??Jadi warnet kepepet adalah sebuah warnet yang hanya terdapat wireless didalamnya. Tidak seperti warnet biasa yang terdapat PC - PC didalamnya, warnet kepepet memakai sistem seperti hotspotan. Jadi PC yang dipakai adalah laptop dari para pelanggan. Hal ini dilatar belakangi dengan semakin banyaknya mahasiswa yang memiliki laptop. Dan juga semakin susahnya mendapatkan hotspotan gratis di kampus. Jadi pelanggan tinggal masuk kedalam warnet, dan tinggal mengaktifkan wirelessnya untuk koneksi internet. Lalu kita beri user name dan password untuk memakai nya. Tempat warnet dibuat lesehan, sehingga kesannya bisa merakyat dan santai juga terbebas dari tempat prostitusi. Target dari warnet ini adalah para mahasiswa yang semakin banyak diberikan tugas oleh dosennya. Termasuk saya.haha. Warnet ini memberikan kenyamanan buat para mahasiswa untuk melakukan kerja kelompok ataupun mencari bahan kuliah. Karena didalam warnet juga menyediakan tempat untuk menge print dan juga ada minuman dan makanan jika pelanggan merasa lapar. Mungkin warnet ini cukup nyeleneh, tetapi belum penulis belum tahu prospek ke depannya bagaimana. Karena ini hanya merupakan ide dari penulis semata.

Berikut ini tips agar usaha warnet berlangsung lama :
  • Pilih tempat yang strategis, seperti : di dekat kampus, sekolah atau pinggir jalan raya.
  • Gunakan PC bermultimedia (untuk game online)
  • Tambahkan fasilitas seperti printer, scanner, serta makanan dan minuman ringan.
  • Pastikan kemudahan fleksibilitas penggunaan penunjang untuk transfer data, seperti tersedianya floppy disk, USB, CD/DVD-ROM.
  • Akan lebih baik warnet dilengkapi dengan webcam, head set, printer, dan fasilitas untuk cetak foto dari kamera digital atau ponsel.
  • Utamakan kenyamanan pelanggan dengan memperhatikan sirkulasi udara yang baik (AC yang cukup dingin atau kipas angin yang berfungsi dengan baik).
  • Maintenence dan update teknologi komputer yang ada di warnet. Pelanggan akan malas bila memakai komputer tua dengan kecepatan yang lambat.
  • Pekerjakan karyawan (kasir, admin atau operator) yang ramah, paham dengan troubleshooting, mau mengajari pelanggan-pelanggan baru, dan dapat memberikan pelayanan yang baik.
  • Sediakan toilet yang bersih.
  • Terakhir rajin - rajin berdoa kepada allah, karena semua rezeki ada di tangan allah.

1 komentar:

Search Engine Submission - AddMe