Photobucket
Protected by Copyscape Plagiarism Detector

Sabtu, 13 November 2010

Jual Kambing Online

Tugas Softskill II

Pada penulisan kali ini penulis berandai-andai memiliki suatu usaha produksi atau jasa. Dan yang terlintas di pikiran saya yaitu membangun usaha jual kambing secara online. Cukup nyeleneh memang,namun ide muncul dikarenakan banyaknya tempat-tempat penjualan kambing di pinggir jalan raya mendekati hari idul adha yang membuat suasana jalan menjadi tidak enak dipandang dan menimbulkan aroma yang tidak sedap. Mari kita mulai berandai - andai.

1. Perencanaan
- Target Pasar
Target pasar dari usaha jual kambing online adalah para konsumen yang hidup di daerah perkotaan, yang hidupnya sibuk, butuh sesuatu yang cepat dan efisien. Usaha jual kambing online menyediakan kambing untuk berkurban ataupun untuk acara akikahan.
- Harga
Jual kambing online menyediakan Kambing menjadi 2 tipe. Yang pertama tipe kambing KW yaitu kambing lokal dan tipe super untuk kambing dari luar indonesia.
Harga kambing KW kisaran Rp.1.200.000 - Rp 1.350.000
Harga kambing Super kisaran Rp.1.500.000- Rp.1.750.000
- Marketing
Pemasaran jasa ini baru meliputi wilayah JABODETABEK. Dikarenakan usaha ini baru dimulai. Namun jika usaha ini sukses cakupan wilayah pemasaran akan diperluas mencapai pulau jawa dan sekitarnya. Pemasaran kambing online dilakukan melalui website, juga membuat thread (penjualan) di dalam forum - forum jual beli seperti Kaskus dan juga membuat brosur. Cara kerja kambing online yaitu memanfaatkan jaringan internet sebagai ujung tombak dalam pemasaran, kambing online sendiri mempunyai peternakan tersendiri didaerah jakarta. Jadi jika ada pembeli yang ingin membeli kambing didalam website, kami menyediakan gambar dari masing-masing kambing. Namun apabila pembeli kurang sreg dengan hanya melihat gambar, bisa datang ke peternakan kami.
- Promosi
Salah satu bentuk promosi dari kambing online adalah membuat brosur.
Berikut contoh brosurnya :


2.Produksi
Selain menjual kambing, Kambing online juga memproduksi susu dari kambing tersebut. Lebih lanjut juga akan menoglah susu tersebut menjadi yoghurt.

3. Modal Awal
- Bahan Baku
Yang dibutuhkan untuk membangun bisnis ini yaitu sebuah peternakan kambing. Dimulai dari satu kandang yang terdiri dari 1o ekor kambing, yang akan ditambah jumlah kambingnya setelah 3 bulan bisnis ini jalan, juga memperhatikan apakah bisnis ini bisa diterima di masyarakat atau tidak.
- Alat
Setiap harinya kita melakukan pemeliharaan kambing dengan cara memberikan rumput sehari 2 x pada pagi maupun sore. Juga membersihkan kandang kambing sehari sekali. Hasil dari kotoran kambing tersebut kita olah menjadi pupuk.Pupuk tersebut digunakan untuk menyuburkan lahan rumputyang digunakan untuk pakan ternak kambing tersebut.
- Karyawan
Minimal bisnis ini membutuhkan 4 orang karyawan yang bertugas untuk pemeliharaan kambing, pengantaran kambing dan pengolahan hasil kambing.
- Transportasi
Pengantaran kambing dilakukan dengan menggunakan mobil truk terbuka ataupun pembeli bisa langsung membawa kambing tersebut dari peternakan. Tentunya harga belum termasuk biaya pengantaran, besarnya biaya tergantung dari seberapa jauh kambing akan diantar.

4. Membuat Situs
Salah satu bentuk pemasaran lagi yang efektif yaitu membuat situs yang baik. Di dalam situs tersebut kita bisa memasang iklan tentang bisnis kita. Ataupun dengan memasang banner iklan kita kedalam website - website yang sering dikunjungi orang. Dengan memasarkan bisnis di internet, cakupan promosi akan lebih luas dan efektif. Hal ini bisa menekan biaya pengeluaran.

5. Distribusi& Transaksi
Bisnis ini lebih dari 70% dilakukan secara online. Konsumen tinggal membuka website kita, lalu didalam website tersebut sudah tersedia berbagai macam kambing yang di inginkan sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah merasa yakin, website kami menyediakan sebuah form pembelian yang tinggal diisi oleh konsumen. Form tersebut harus di print oleh konsumen dan tidak lupa untuk mengirim uang tersebut melalui transfer ke no rekening kami. Print hasil Transaksi juga harus di simpan konsumen untuk menunjukkan bahwa konsumen telah membayar kambing tersebut.
Jika sudah, maka tim kami akan mengantarkan pesanan tersebut ke rumah.
Bisa juga, dengan cara membayar kambing dirumah, tanpa melalui transaksi rekening.
6. Keuntungan
Keuntungan didapat dari hasil pemasukan -pengeluaran.
Diasusumsikan jika Pendapatan terdiri dari :
- Hasil penjualan 1 ekor kambing mendapatkan untung Rp.500.000
- Hasil Pengolahan susu kambing : Rp. 10.000/liter

Pengeluaran :
- Biaya Pembelian Kambing :Rp.800.000/ekor
- Biaya Pembuatan kandang :Rp.500.000
- Biaya Transportasi : Rp.500.000/bulan
- Biaya Karyawan : Rp.800.000/orang
- Biaya Pemeliharaan + Pakan Kambing : Rp.200.000/bulan

Dengan rincian diatas diharapkan kita bisa mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan.

7. Motivasi
Didalam dunia bisnis jika ingin sukses kuncinya kita harus berani mencoba dan mengambil resiko apa pun yang terjadi. Kegagalan bukan akhir dari segalanya,melainkan jadikan kegagalan sebagai pelajaran berharga untuk sukses ke depan.

1 komentar:

  1. KamNGalam (Kambing Malang) Jawa Timur menjual Kambing berkualitas dengan harga murah namun berkualitas dan memenuhi syarat minimal untuk qurban. Cek di https://kambiNGalam.blogspot.com

    BalasHapus

Search Engine Submission - AddMe