Photobucket
Protected by Copyscape Plagiarism Detector

Senin, 04 Oktober 2010

Kelebihan & Kelemahan Bisnis Online


Seiring dengan perkembangan zaman dan juga perkembangan teknologi informasi, semua hal bisa dilakukan dengan mudah. Termasuk juga dalam hal jual - beli barang. Kita tidak perlu lagi repot repot untuk berpergian, atau pun membuka usaha dengan menyewa suatu tempat. Bisnis online menjadi solusi nya. Sudah mulai banyaknya masyarakat Indonesia dalam mengakses internet semakin membuat suburnya bisnis - bisnis online saat ini. Berikut ini adalah kelebihan dan juga kekurangan dalam bisnis online.



KELEBIHAN

1. Biaya murah
Mungkin ini menjadi alasan yang paling dipikirkan saat kita memulai suatu bisnis. Bagaimana caranya dengan modal yang sedikit, akan mendapatkan suatu keuntungan yang maksimal. Dengan melalui media internet kita tidak perlu lagi mengeluarkan duit yang banyak untuk mempromosikan bisnis kita melalui iklan di tv,koran maupun radio dan juga biaya produksi untuk membuat brosur.Yang perlu kita lakukan hanya membuat suatu web, dan mempromosikan bisnis kita tersebut. Dari segi financial hal ini sudah sangat menguntungkan di banding melalui iklan di tv. Jika hal ini masih di rasa susah, kita masih bisa mempromosikan bisnis kita melalui jejaring sosial. Contoh facebook. Murah dan efisien bukan?

2. Tidak Perlu Mempunyai Toko
Dengan berbisnis melalui internet kita tidak perlu repot - repot membangun tempat ataupun menyewa tempat untuk barang dagangan kita. Hal ini akan menghemat biaya operasional kita seperti membayar air, listrik dan sumbangan - sumbangan lainnya.

3. Jangkauan Luas
Salah satu keunggulan internet adalah kita bisa kemana saja tanpa ada batasan. Kita bisa dengan mudahnya pergi ke banyak negara tanpa mengeluarkan duit yang banyak. Hal ini membuat cakupan bisnis kita tidak hanya di Indonesia melainkan dapat menembus pasaran internasional pula.

KELEMAHAN

1. Pembayaran
Bagi para orang awam, masalah pembayaran menjadi sesuatu yang membingungkan dan cukup menyulitkan. Belum lagi ketakutan bila pembayaran tidak terkirim maupun barang tidak diterma. Karena bisnis online kebanyakan tidak memperketemukan kedua belah pihak dalam proses transaksi jual - beli barang. Dituntut kejujuran yang tinggi dalam proses bisnis online.

2. Barang tidak Sesuai Keinginan
Karena barang yang kita lihat hanya melalui layar, kebanyakan pada saat menerima barang tidak sesuai dengan yang aslinya. Contoh dalam hal pakaian, pada bisnis online kita tidak bsa merasakan bahan pakaian dan juga kadang ukuran pakaian tidak sesuai dengan tubuh kita.

Hal - hal diatas merupakan sebagian dari kelebihan & kelemahan bisnis online. Sekarang kita tinggal memilih, apakah ingin menjalankan usaha secara online maupun offline. Good luck.

0 komentar:

Posting Komentar

Search Engine Submission - AddMe