Photobucket
Protected by Copyscape Plagiarism Detector

Minggu, 04 Oktober 2009

ANIMASI



SUMBER GAMBAR
ANIMASI


Pengertian :
Animasi atau animation adalah “illusion of motion” yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan.

Jenis-jenis Animasi Menurut Metode Pembuatan dalam Film.

Jenis Animasi terbagi menjadi 7 jenis :

1. Animasi Cel ( Animasi Tradisional)
• Kata cel berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada tahun-tahun awal animasi. .
• (hand-drawn animation) artinya digambar dengan menggunakan tangan
• Merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal.
Contoh : seorang animator akan membuat animasi orang berjalan, maka langkah pertama dia akan menggambar latar belakang, kemudian karakter yang akan berjalan di lembar berikutnya, kemudian membuat lembaran yang berisi karakter ketika kaki diangkat, dan akhirnya karakter ketika kaki dilangkahkan.

2. Animasi Frame
• Animasi frame adalah bentuk animasi paling sederhana.
• Serangkaian frame bergerak dengan kecepatan minimal 24 frame per detik agar tidak terjadi jitter.
Contohnya ketika kita membuat gambar-gambar yang berbeda-beda gerakannya pada sebuah tepian buku kemudian kita buka buku tersebut dengan menggunakan jempol secara cepat maka gambar akan kelihatan bergerak.


3. Animasi Sprite
• Pada animasi sprite, gambar digerakkan dengan latar belakang yang diam.
• Sprite adalah bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri,seperti misalnya: burung terbang, planet yang berotasi, bola memantul, ataupun logo yang berputar.
• Dalam animasi sprite yang dapat kita edit adalah animasi dari layar yang mengandung sprite, kita tidak dapat mengedit bagian dalam yang ditampilkan oleh layar untuk masing-masing frame seperti pada animasi frame.


4. Animasi Path
• Animasi path adalah animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan
sebagai lintasan..
• Pada kebanyakan animasi path dilakukan juga efek looping yang membuat gerakan path
terjadi secara terus menerus.
Contoh : dalam pembuatan animasi kereta api, persawat terbang, burung dan lain-lain yang membutuhkan lintasan gerak tertentu


5. Animasi Spline
• Spline adalah representasi matematis dari kurva. Sehingga gerakan obyek tidak hanya mengikuti garis lurus melainkan berbentuk kurva.

6. Animasi Vektor
• Vektor adalah garis yang memiliki ujung-pangkal, arah, dan panjang.
• Animasi vektor mirip dengan animasi sprite, tetapi animasi sprite menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan spritenya.

7. Animasi Character
• Animasi karakter biasanya terdapat di film kartun. Semua bagian dalam film kartun selalu bergerak bersamaan. Software yang biasa digunakan adalah Maya Unlimited. Contoh film kartun yang dibuat dengan Maya Unlimited adalah Toy Story dan Monster Inc.



Jenis jenis Animasi Menurut Bentuknya :

c. Animasi Tanah Liat (Clay Animation)
Meski namanya clay (tanah liat), yang dipakai bukanlah tanah liat biasa..Animasi ini memakai plasticin, bahan lentur seperti permen karet yang ditemukan pada tahun 1897. Tokoh-tokoh dalam animasi Clay dibuat dengan memakai rangka khusus untuk kerangka tubuhnya, lalu kerangka tersebut ditutup dengan plasficine sesuai bentuk tokoh yang ingin dibuat. Bagian-bagian tubuh kerangka ini, seperti kepala, tangan, kaki, disa dilepas dan dipasang lagi. Setelah tokoh-tokohnya siap, lalu difoto gerakan per gerakan. Foto-foto tersebut lalu digabung menjadi gambar yang bisa bergerak seperti yang kita tonton di film. Animasi Clay termasuk salah satu jenis dari Stop-motion picture.Jenis ini yang paling jarang kita dengar dan temukan diantara jenis lainnya. Boleh dibilang nenek moyangnya animasi... Film Animasi Clay Pertama dirilis bulan Februari 1908 berjudul, A Sculptors Welsh Rarebit Nightmare.

a. Animasi 2D (2 Dimensi)
Animasi 2D biasa juga disebut dengan film kartun. Biasanya pembuatannya masih menggunakan sketsa yang kemudian di buat menjadi hidup. Contoh Mickey Mouse.

b. Animasi 3D (3 Dimensi)
Pada animasi 3D gambar sudah seperti nyata. Perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya . Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi 3D atau CGI (Computer Generated Imagery).

Animasi 3D mudah untuk di deskripsikan, tapi lebih sulit untuk dikerjakan. Properties 3D model didefinisikan dengan angka-angka. Dengan merubah angka bisa merubah posisi objek, rotasi, karakteristik permukaan, dan bahkan bentuk.

Faktor yang membuat animasi 3D lebih sulit :
• Harus memvisualisasikan bentuk 3 dimensi.
• Kemampuan processing untuk proses render objek 3D
• Perlu cukup dana, kesabaran dan latihan
Contoh yang terkenal yaitu final fantasy dan G- force.



0 komentar:

Posting Komentar

Search Engine Submission - AddMe